Field Trip Mata Kuliah Drought,Flood Debris Flow Risk Reduction dan Natural Disaster Damage and Loss Assessments

Field trip penunjang mata kuliah Drought,Flood, and Debris Flow Risk Reduction dan Natural Disaster Damage and Loss Assessments diikuti oleh Mahasiswa MTPBA angkatan 2017 yang didampingi oleh dosen Dr. Istiarto di Yogyakarta, 8 Mei 2018. Lokasi tujuan field trip kali ini adalah muara Sungai Progo yang terletak di dekat Pantai Trisik Kabupaten Kulon Progo, dan hilir Sungai Opak di Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul.

Lokasi kunjungan pertama di Pantai Trisik, peserta field trip diperlihatkan sistem penanggulangan banjir di hilir Sungai Progo dengan penggunaan pintu air, tanggul, dan bangunan pengarah aliran (jetty). Dr. Istiarto menjelaskan bagaimana kondisi dan proses awal pengendalian banjir di areal tersebut sampai dengan kondisi saat ini.

Lokasi kunjungan selanjutnya, peserta field trip diajak untuk melihat salah satu bangunan air untuk pengamanan jembatan Kretek di Kabupaten Bantul. Di lokasi ini, Dr. Istiarto menjelaskan proses terjadinya kerusakan bangunan air tersebut untuk kemudian selanjutnya dilakukan rehabilitasi.