Kuliah Lapangan Sistem Peringatan Dini Tanah Longsor di Kab Magelang

Program Studi MTPBA Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan melaksanakan kegiatan fieldtrip pada 7 Mei 2018 yang merupakan bagian dari perkuliahan Sistem Peringatan Dini Tanah Longsor. Lokasi fieldtrip kali ini mengambil tempat di daerah Kabupaten Magelang yang telah diidentifikasi berpotensi terjadi gerakan tanah.

Peserta fieldtrip adalah mahasiswa dari program studi MTPBA dengan konsentrasi bencana kegempaan sebanyak 5 (lima) orang, ditambah mahasiswa dari program studi MTSB sebanyak 6 (enam) orang yang didampingi oleh dosen pengampu Prof. Faisal Fathani.
Perjalanan fieldtrip diawali dengan melakukan koordinasi di kantor BPBD Kabupaten Magelang, bersama dengan perwakilan dari BPBD, Tim Penilai dari BSN (Badan Standar Nasional), dan peserta fieldtrip. Setelah diskusi singkat, rombongan melanjutkan perjalanan ke lokasi pemasangan alat mitigasi bencana longsor di Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang. Di Kecamatan Salaman terdapat 2 (dua) titik pemasangan alat mitigasi bencana longsor, yaitu di Dusun Kalisari Desa Margoyoso; dan Dusun Palungan Desa Sidosari.

Di kedua lokasi tersebut, Prof. Faisal bersama dengan Bapak Ikhwan (Tim Gama Multi) sedikit menjelaskan mengenai SNI tentang sub-sistem Sistem Peringatan Dini termasuk instrumen yang digunakan sebagai mitigasi bencana longsor. Di kedua lokasi tersebut pula, peserta fieldtrip diperkenalkan kepada Tim Siaga bencana longsor yang beranggotakan masyarakat di masing-masing dusun. Kelompok masyarakat tersebut merupakan tim kesiapsiagaan yang dipilih untuk berkomunikasi langsung dengan pemerintah daerah (BPBD) dan membantu masyarakat lainnya ketika petunjuk instrumen dari sistem peringatan dini memberikan sinyal bahaya pada tingkat level tertentu.