Kuliah Lapangan Earthquake Dynamic untuk Mahasiswa Angkatan 2018

Mata Kuliah: Earthquake Dynamic

Waktu: Sabtu, 6 April 2019

Dosen Pembimbing: Gayatri Indah Marliyani, ST., M.Sc., Ph.D

Kegiatan Field Trip tentang dinamika gempa diawali dengan kunjungan di Candi Sambisari, dimana Candi Sambisari adalah salah satu situs kuno yang baru ditemukan abad 20an sekitar tahun 1966. Candi Sambisari adalah candi yang berada dibawah permukaan tanah. Candi Sambisari adalah candi yang tertutup oleh sedimentasi Gunung Merapi saat dahulu kala Gunung Merapi erupsi. Sedimentasi Merapi terbawa oleh sungai-sungai disekitarnya. Terlihat dari struktur batuan yang menyusun candi tersebut adalah batuan beku yang berasal dari Gunung Merapi serta struktur tanah yang sama dengan Merapi.

Kunjungan kedua ke Tebing Breksi untuk mengetahui Sesar Opak. Sesar Opak adalah salah satu sesar yang aktif. Dimana diketahui gempa bumi yang terjadi di Yogyakarta 2006 berpusat di Sesar Opak. Salah satu tempat yang dilalui Sesar Opak adalah Tebing Breksi. Dimana Tebing Breksi adalah tempat bekas tambang batu pasir. Salah satu bukti dilalui nya sesar opak adalah, ada struktur batuan yang memiliki karakteristik sama namun posisi nya bergeser. Di Tebing Breksi dilakukan pengukuran strike dan deep dari Sesar Opak dengan menggunakan kompas geologi.

Kunjungan selanjutnya adalah di Singkapan Batuan di Jalanan Nglanggeran, Gunung Kidul. Singkapan batuan tersebut juga dilalui oleh Sesar Opak dengan bukti beberapa bagian dari Singkapan batuan yang bergeser. Terbukti bahwa Sesar Opak adalah sesar yang aktif dan masih bergerak.