Kuliah Lapangan Mata kuliah Earthquake Disaster Risk Reduction

Kegiatan Field Trip tentang Earthquake Disaster Risk Reduction diawali dengan kunjungan di Candi Kedulan, dimana Candi Kedulan adalah salah satu situs kuno yang baru sekitar tahun 1993. Candi masih dalam tahap pemugaran, yang direncanakan selesai pada 2020. Berdasarkan hasil pengamatan, bahwa candi kedulan adalah salah satu trace bahwa jaman dahulu kala terjadi gempa bumi yg besar di Wilayah Jogja sehingga meruntuhkan candi dan beberapa bagian candi hancur berkeping. Dan hasil analisis itu didukung oleh letak candi kedulan yang dekat dengan sesar Opak.

Terkait dengan teknologi pembangunan pada jaman dahulu, para nenek moyang jaman dahulu sudah menerapkan teknologi untuk mengantisipasi gempa, agar bangunan lebih kuat. Dengan memasang dinding batuan dengan pola yang tidak sama dan saling mengunci. Sehingga, jika terjadi gempa bangunan akan lebih tahan. Terbukti dengan hasil penemuan situs lebih dari 70 persen masih dalam kondisi baik. Maka dari itu bisa dilakukan pemugaran.

Kunjungan kedua adalah Taman Sari, bangunan cagar budaya ini, beberapa bagian mengalami kerusakan akibat gempa bumi 2006 kala itu. Beberapa bangunan sengaja tidak dilakukan rehabilitasi dan rekonstruksi karena sebagai bukti atau trace bahwa pernah terjadi gempa bumi hebat di Yogyakarta. Namun beberapa bangunan yang rusak dilakukan retrofitting dengan grouting bagian-bagian yg retak akibat gempa dan perkuatan dinding di beberapa lokasi di dalam ruang bawah tanah.