Kuliah Lapangan Mata Kuliah Natural Disaster Damage and Loss Assessment (NDLA)

Kuliah Lapangan mata kuliah Natural Disaster Damage and Loss Assessment (NDLA)i MTPBA UGM 2019 dilaksanakan pada Jumat, 3 Mei 2019 dengan tujuan Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul dan Makam Imogiri (lokasi bencana longsor).

Pelaksana kuliah lapangan sebagai berikut:

  • Prof. Ir. Djoko Legono, Ph.D.
  • Karlina, ST., M.Eng., Ph.D.
  • Mahasiswa MTPBA 2018

Kegiatan ini didampingi oleh tim dari BPBD Kabupaten Bantul, selaku institusi pelaksana penilaian kerusakan dan kerugian akibat bencana alam di Kabupaten Bantul. Kunjungan pertama dilakukan di kantor BPBD Kabupaten Bantul. Di lokasi tersebut, dilakukan pengarahan mengenai gambaran bencana banjir dan longsor di Kabupaten Bantul serta kondisi lokasi yang akan dilakukan pengamatan. Selain itu, dilakukan diskusi dan tanya jawab mengenai proses mitigasi bencana yang telah dilaksanakan, pengorganisasian pelaksanaan tanggap bencana, serta metode penilaian kerusakan dan kerugian terhadap bencana alam yang terjadi.

Kunjungan kedua dilaksanakan di area Makam Raja Imogiri yang pada bulan Maret 2019 mengalami longsor yang cukup besar. Longsor tersebut menimbulkan korban jiwa dan merusak 3 rumah warga di bawahnya. Dalam hal ini, telah dilakukan penilaian terhadap kerusakan (damage assessment) dan perhitungan kebutuhan pascabencana (post disaster need assessment) oleh BPBD Kabupaten Bantul. Analisis tersebut didasarkan pada Peraturan Kepala BNPB Nomor 15 Tahun 2011 tentang Pedoman Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana.