Calon Mahasiswa

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru TA 2015/2016

MTPBA UGM menyelenggarakan program pendidikan strata pascasarjana (S2) bidang teknik pengelolaan bencana alam (banjir, gempa dan tanah longsor, serta bencana vulkanik)  bersama-sama dengan kelas kerjasama UGM-Kementerian PUPR. Program ini memberikan bekal ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkaitan dengan penurunan risiko bencana alam dengan penekanan pada aspek enjiniring.

Berikut jadwal kegiatan UM Pascasarjana UGM Semester Gasal TA 2015/2016:

  • Pembayaran biaya Pendaftaran: 10 April 2015  (pukul 00.00 WIB) - 5 Agustus 2015 (pukul 23.59 WIB)
  • Pendaftaran online dan unggah dokumen yang disyaratkan : 13 April 2015 (pukul 00.00 WIB) - 6 Agustus 2015 2015 (pukul 23.59 WIB)
  • Penerimaan dokumen pendaftaran syarat khusus selain yang diupload : 13 April 2015 - 7 Agustus 2015 (pada hari dan jam kerja)
  • Verifikasi dokumen pendaftaran dan pelaksanaan tes substansi (apabila ada) oleh prodi: 20 April 2015 - 11 Agustus 2015 (pada hari dan jam kerja)
  • Pengumuman Hasil Seleksi: 19 Agustus 2015
  • Mulai kegiatan akademik: September 2015

Jalur Seleksi Masuk UGM

Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana TA 2015 melalui 3 (tiga) jalur, yaitu:

  1. Jalur Reguler
    Diperuntukkan bagi calon pelamar dengan biaya sendiri, calon pelamar dengan biaya dari instansi tempatnya bekerja, dan calon pelamar dari masyarakat umum yang sedang mengajukan beasiswa dari berbagai Kementerian di Republik Indonesia.
  2. Jalur Kerjasama
    Diperuntukkan bagi pegawai yang bekerja di institusi mitra UGM dan biaya pendidikannya ditanggung oleh institusi tersebut, dibuktikan dengan adanya MoU.
  3. Jalur Internasional
    Diperuntukkan bagi Warga Negara Asing (WNA) atau Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki ijazah S1/S2 atau sederajat dari universitas di luar negeri. Daftar di sini.

Syarat Calon Pelamar

  1. Mempunyai Ijasah S1 bidang teknik/rekayasa/enjiniring. Surat Keterangan Lulus (SKL) tidak berlaku.
  2. Mempunyai IPK S1  sebagai berikut:
    1. ≥ 2,50 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
    2. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
    3. ≥ 3,00 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.
      Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan scan sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman BAN-PT yang masih berlaku. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan surat keterangan dari pimpinan Perguruan Tinggi.
      Bagi pendaftar yang tidak dapat menyerahkan bukti akreditasi, program studinya dianggap terakreditasi C dan harus menyerahkan dokumen berikut:
      - Bukti publikasi karya ilmiah di jurnal terakreditasi, atau;
      - Surat pernyataan dari atasan langsung yang menyatakan bahwa pendaftar memiliki jabatan minimal setara eselon III (bagi yang sudah bekerja).
      Apabila dokumen akreditasinya tidak valid, maka tidak akan diproses lebih lanjut.
  3. Khusus pendaftar lulusan luar negeri harus menyerahkan dokumen penyetaraan ijazah dari DIKTI;
  4. Mempunyai nilai Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS atau Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM , dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat;
  5. Mempunyai nilai tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku , yaitu maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat, dibuktikan dengan sertifikat:
    1. Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM, atau;
    2. International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh IDP, atau;
    3. Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;
    4. Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF.

    Apabila lolos seleksi dan dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana, pada saat registrasi wajib :

    1. menyerahkan fotocopy sertifikat nilai tes kemampuan Bahasa Inggris (AcEPT/IELTS/IBT TOEFL/ITP TOEFL), atau;
    2. bagi pendaftar yang belum mempunyai nilai tes kemampuan Bahasa Inggris minimal 450 (setara nilai ITP-TOEFL), wajib menandatangani dan melampirkan surat pernyataan yang disediakan. Surat pernyataan ini memuat kewajiban untuk memenuhi nilai tes kemampuan Bahasa Inggris minimal 450 (setara nilai ITP-TOEFL) sebelum pelaksanaan seminar proposal/ujian komprehensif/ujian proposal.

Syarat Administrasi

Calon peserta program MTPBA adalah Sarjana S1 dalam bidang teknik/rekayasa/enjiniring. Peserta program dapat berasal dari instansi pemerintah dengan status Pegawai Negeri Sipil, Pegawai BUMD/BUMN, pengajar perguruan tinggi negeri, instansi swasta, serta perorangan yang bidang tugasnya terkait dengan persoalan dan pengelolaan bencana alam. Untuk dapat diterima sebagai peserta program, calon harus mengikuti proses seleksi, meliputi antara lain sebagai berikut:

  1. Pemeriksaan ijasah S1 atau kualifikasi akademis lain yang setara S1.
  2. Lolos ujian wawancara tatap muka atau e-Conference dengan materi umum bidang ilmu yang terkait dengan fenomena bencana alam, serta motivasi.

Petunjuk Pembayaran Biaya Pendaftaran

Pembayaran biaya pendaftaran dilakukan di Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN dengan kode pembayaran sesuai pada tabel dibawah ini melalui beberapa fasilitas yaitu:

  • Pembayaran melalui teller
    1. Datang langsung ke Kantor Cabang Bank Mandiri, BNI, BRI, atau BTN.
    2. Saudara tidak perlu menggunakan nomor rekening tujuan, cukup memberitahukan kode pembayaran (3 digit)  981 diikuti dengan tanggal lahir calon pendaftar dengan format ddmmyyyy.
    3. Teller Bank akan mencatatkan data pembayaran ke Sistem Host To Host UGM.
    4. Apabila transaksi berhasil dibukukan, teller akan memberikan bukti pembayaran biaya pendaftaran yang memuat password untuk mendaftar secara online di um.ugm.ac.id
  • Pembayaran melalui ATM Mandiri :
    1. Pada menu utama, pilihBAYAR/BELI.
    2. Pilih PENDIDIKAN.
    3. Masukkan Kode Universitas UGM yaitu 10005.
    4. Tekan tombol BENAR.
    5. Pada isian NIU/Nomor Peserta, masukkan kode pembayaran (3 digit) 981 + tanggal lahir (ddmmyyyy), kemudian tekan tombol BENAR.
    6. Tekan 1, apabila sudah benar atau tekan CANCEL untuk membatalkan.
    7. Tekan YA untuk melakukan pembayaran atau tekan TIDAK untuk membatalkan.
    8. Transaksi selesai. Data pembayaran akan secara otomatis tersimpan di database UGM.
    9. Setelah transaksi selesai akan keluar Bukti Bayar yang memuat password untuk mendaftar secara online di um.ugm.ac.id.
  • Pembayaran melalui ATM BTN :
    1. Pada menu utama, pilih TRANSAKSI LAINNYA.
    2. Pilih PEMBAYARAN.
    3. Pilih MULTIPAYMENT.
    4. Pilih PENDIDIKAN.
    5. Masukkan kode institusi yaitu 0001.
    6. Tekan tombol BENAR.
    7. Pada isian No. Siswa/Mhs, masukkan kode pembayaran (3 digit) 981 + tanggal lahir (ddmmyyyy).
    8. Tekan BENAR, apabila sudah benar atau tekan SALAH untuk membatalkan.
    9. Transaksi selesai. Data pembayaran akan secara otomatis tersimpan di database UGM.
    10. Setelah transaksi selesai akan keluar Bukti Bayar yang memuat password untuk mendaftar secara online di um.ugm.ac.id.
  • Pembayaran melalui ATM BNI :
    1.  Pada menu utama, pilih MENU LAIN.
    2. Pilih PEMBAYARAN
    3. Pilih MENU BERIKUTNYA
    4. Pilih UNIVERSITAS
    5. Pilih STUDENT PAYMENT CENTER (SPC).
    6. Masukkan Kode Universitas UGM yaitu 8002 + kode pembayaran (3 digit) 981 + tanggal lahir (ddmmyyyy).
    7. Tekan tombol BENAR.
    8. Apabila benar maka pilih YA BAYAR untuk melakukan pembayaran.
    9. Kemudian pilih TABUNGAN.
    10. Transaksi selesai. Data pembayaran akan secara otomatis tersimpan di database UGM.
    11. Setelah transaksi selesai akan keluar Bukti Bayar yang memuat password untuk mendaftar secara online di um.ugm.ac.id.
  • Pembayaran melalui ATM BRI :
    1.  Pada menu utama, pilih TRANSAKSI LAIN.
    2. Pilih PEMBAYARAN.
    3. Pilih PENDIDIKAN.
    4. Masukkan kode institusi UGM yaitu 011 + kode pembayaran (3 digit)  981 + tanggal lahir (ddmmyyyy).
    5. Tekan tombol BENAR.
    6. Transaksi selesai. Data pembayaran akan secara otomatis tersimpan di database UGM.
    7.  Setelah transaksi selesai akan keluar Bukti Bayar yang memuat password untuk mendaftar secara online di um.ugm.ac.id.

Pembayaran melalui internet banking Bank Mandiri

  1. Login ke www.bankmandiri.co.id dengan user ID and PIN Internet Banking Mandiri.
  2. Pada Menu Utama, pilih Bayar.
  3. Pada Menu Bayar pilih Pendidikan.
  4. Pada combo box Dari Rekening, pilih rekening yang akan dipakai untuk melakukan transaksi.
  5. Pada combo box Penyedia Jasa, pilih 10005 Universitas Gadjah Mada.
  6. Pada combo box NIU/No.Peserta, masukkan kode pembayaran (3 digit)  981 + tanggal lahir (ddmmyyyy).
  7. Klik Lanjutkan. Di layar akan tampil jumlah yang harus dibayarkan. Beri tanda centang (√).
  8. Apabila data sudah benar, klik Lanjutkan.
  9. Masukkan PIN Mandiri (6 digit) sebagaimana tampil di Token PIN Mandiri lalu klik Kirim.
  10. Tunggu respon dari sistem internet banking mengenai status transaksi. Apabila sukses, Saudara akan mendapatkan nomor transaksi. Data pembayaran akan secara otomatis tersimpan di database UGM.
  11. Selanjutnya pilih klik cetak bukti pembayaran untuk cetak bukti pembayaran yang memuat password untuk mendaftar secara online di um.ugm.ac.idakan diinformasikan kemudian.

Pembayaran melalui internet banking Bank BNI

  1. Login pada internet banking personal di https://ibank.bni.co.id/
  2. Pada menu utama, pilih Transaksi.
  3. Pada menu Transaksi, pilih Pembelian/Pembayaran.
  4. Pada menu Pembelian/Pembayaran, pilih Pembayaran Tagihan.
  5. Pada menu Pembayaran Tagiha, pilih Biaya Pendidikan.
  6. Pada menu Biaya Pendidikan, pilih:
    - Tipe layanan: Pembayaran
    - PerguruanTinggi: Universitas Gadjah Mada
    - Nomor Tagihan: kode pembayaran (3 digit)  981 + tanggal lahir (ddmmyyyy)
    - Pilihan Pembayaran: Non Wajib
  7. Klik Lanjutkan, maka akan muncul halaman Detil Konfirmasi.
  8. Tuliskan nama calon pendaftar dalam field Keterangan.
  9. Masukkan challenge number ke dalam token lalu masukkan respon number dari token ke dalam aplikasi. Klik Bayar.
  10. Apabila transaksi berhasil akan ditampilkan informasi sebagai berikut: ‘Transaksi pembayaran berhasil dilakukan’.
  11. Selanjutnya pilih klik cetak bukti pembayaran untuk cetak bukti pembayaran yang memuat password untuk mendaftar secara online di um.ugm.ac.id.

Prosedur Pendaftaran

  1. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI atau BTN. Petunjuk pembayaran dapat dilihat disini.
  2. Pendaftaran calon mahasiswa program pascasarjana dilakukan secara online disini.
  3. Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Susulan dokumen setelah submit pendaftaran tidak akan diproses.
  4. Siapkan scan dokumen di bawah ini (ukuran minimal 50KB dan maksimal 200KB untuk masing-masing file; scan dokumen harus dapat dibaca dengan jelas guna keperluan verifikasi), diunggah pada saat mendaftar secara online :
  5. Cetak Bukti Pendaftaran Saudara untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.

Berikut dokumen yang diunggah saat mendaftar secara online.

No Dokumen Format
1 Pas foto resmi terbaru, berpakaian formal dengan wajah menghadap kamera. *.jpg
2 Ijazah jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal *.pdf
3 Transkrip akademik jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal *.pdf
4 Sertifikat/bukti akreditasi program studi (akreditasi saat ini) jenjang pendidikan yang terakhir *.pdf
5 Sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) atau Tes Potensi Akademik (TPA) BAPENAS yang masih berlaku*) *.pdf
6 Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku*). Sertifikat yang diakui adalah:

  • Academic English Proficiency Test (AcEPT) UGM, atau;
  • IELTS dari institusi yang diakui oleh IDP, atau;
  • TOEFL Internet-Based (IBT) dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;
  • TOEFL Institutional Testing Program (ITP) dari institusi yang diakui oleh IIEF
*.pdf
7 Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik (format dapat diunduh disini)
Khusus spesialis FK diganti dengan Rekomendasi IDI
*.pdf
8 Surat keterangan sehat dari dokter di puskesmas atau rumah sakit
Khusus spesialis FK diganti dengan SKCK
*.pdf
9 Syarat khusus:

  • Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh disini)
  • Proposal penelitian tesis/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi tidak perlu diunggah tetapi dikirim langsung ke program studi tujuan dilengkapi dengan fotokopi bukti daftar.
*.pdf
10 Surat ijin studi dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh disini) *.pdf

Keterangan :

  • Masa berlaku sertifikat adalah 2 (dua) tahun dari tanggal diterbitkannya sertifikat
  • Seluruh dokumen persyaratan difotokopi, dilegalisir, dan dibuat sebanyak 2 (dua) rangkap serta dikirim ke program studi Magister Teknik Pengelolaan Bencana Alam. Jl. Grafika No. 2 Bulaksumur, Yogyakarta  55281.

Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan terdiri dari SPP sejumlah Rp 9.000.000 (tujuh juta rupiah) per semester, serta SBPP yang ditetapkan berdasarkan kegiatan penunjang pendidikan. Kegiatan penunjang adalah aktivitas atau kegiatan yang diselenggarakan selama pendidikan, yang biaya penyelenggaraannya tidak termasuk atau belum ditanggung dalam komponen biaya SPP. Contoh aktivitas atau kegiatan ini antara lain adalah pelatihan pemakaian program aplikasi, kursus Bahasa Inggris, kuliah lapangan, kuliah kerja lapangan, kuliah kerja lapangan ke luar negeri, dsb.

Karyasiswa Kemenpu

Penerimaan Mahasiswa Baru TA 2015/2016.

  • Pengumuman Hasil Seleksi Administratif: 1 Oktober 2014
  • Ujian Seleksi Tahap I (TPA & Substansi): 17 Oktober 2014
  • Pengumuman Hasil Ujian Seleksi Tahap I: 25 Oktober 2014
  • Ujian Seleksi Tahap II (TOEFL):  7 November 2014
  • Pengumuman Hasil Seleksi: 9 Desember 2014
    Kuliah dimulai September 2015

Untuk Penerimaan Mahasiswa TA 2015/2015 beasiswa Kemen PU telah selesai prosesnya. Untuk Penerimaan Mahasiswa TA 2016/2017 beasiswa Kemen PU bisa menghubungi jadwal sosialiasinya ke Pusdiklat Kementerian PU Telp. 021-7656335,7694073 atau melalui website Kementeria PU di http://www.pu.go.id/

Selain persyaratan dan prosedur pendaftaran secara umum, khusus untuk Karyasiswa Kementerian Pekerjaan Umum, ada beberapa persyaratan & seleksi yang harus di penuhi, yaitu:

  • Satus kepegawaian calon adalah CPNS atau PNS Kementerian Pekerjaan Umum.
  • Diusulkan oleh pimpinan unit Eselon II (Pejabat Pembina Kepegawaian).
  • Menangani bidang tugas yang memiliki kesesuaian dengan program pendidikan yang diambil.
  • Tidak dalam keadaan sedang diproses dan atau menjalani hukuman disiplin PNS.
  • Nilai DP3 minimum 76.
  • Pangkat/golongan minimum IIIA.
  • Pendidikan formal Sarjana S1 dengan latar belakang disiplin ilmu teknik, khususnya: teknik sipil, teknik perencanaan wilayah dan kota, teknik geologi, teknik geomatika, teknik pengairan, teknik sumberdaya air.
  • IP minimum 2.75 dari perguruan tinggi yang diakreditasi oleh BAN Perguruan Tinggi.
  • Usia maksimum 40

SELEKSI CALON PESERTA

  • Tes Potensi Akademik (TPA setara standar Bappenas).
  • Tes Substansial.
  • Tes Kemampuan berbahasa Inggris (TOEFL).
  • Wawancara.
  • Syarat pendaftaran sebagai calon mahasiswa S2 di UGM:  skor TOEFL minimum  450 dan TPA minimum 500.

BERKAS PENDAFTARAN (dikirimkan ke PU)

  • Formulir pendaftaran diisi lengkap dan ditandatangani oleh pejabat Eselon II.
  • Fotokopi kartu pegawai dan KTP.
  • Fotokopi DP3.
  • Fotokopi ijasah dan transkrip akademik S1 yang telah disyahkan oleh pejabat yang berwenang.
  • Surat keterangan sehat dari dokter.
  • Pas foto ukuran 2×3 dan  3×4 (masing-masing 4 lembar).

Catatan:
Pada saat pendaftaran, TOEFL Institusional dan TPA Bappenas tidak wajib dipenuhi, karena TOEFL dan TPA akan diselenggarakan pada saat ujian seleksi.

Komponen Beasiswa

  • SPP dan SBPP (Per Semester)
  • Biaya Hidup dan Biaya Operasional
  • Uang Buku dan Referensi

Pengiriman Berkas Pendaftaran

Berkas administrasi yang sudah lengkap, dikirimkan ke alamat:

PANITIA BEASISWA  PROGRAM PENDIDIKAN KEDINASAN
Bidang Program dan Kerjasama Pusdkiklat Kementerian Pekerjaan Umum
Komplek Pusdiklat Kementerian Gedung Sekretariat Jenderal, Lt. 8
Jl. Pattimura No. 20 Kebayoran Baru – Jakarta Selatan 12110

Leaflet MTPBA

Leaflet dan poster MTPBA tentang penerimaan mahasiswa baru TA 2014/2015 dapat dilihat/download di sini.
1. Leaflet 1

2. Leaflet 2